Principal Indonesia Perluas Akses untuk Investasi Reksa Dana Melalui Kerja Sama Distribusi Reksa Dana dengan PT Bank KEB Hana Indonesia
29 OKTOBER 2025, Jakarta – PT Principal Asset Management (“Principal Indonesia”) telah menandatangani perjanjian kerja sama distribusi reksa dana dengan PT Bank KEB Hana Indonesia (“Hana Bank”) untuk mendistribusikan beberapa reksa dana Principal Indonesia melalui jaringan kantor Hana Bank dan MyHana Mobile Banking. Melalui kerja sama ini, Principal Indonesia akan menyediakan tiga reksa dana -Reksa Dana Principal Cash Fund (IDR), Reksa Dana Indeks Principal Index IDX30 (IDR), dan Reksa Dana Syariah Principal Islamic ASEAN Equity Syariah (USD). Tiga reksa dana ini memberikan berbagai pilihan untuk mengoptimalkan portofolio investasi nasabah dan calon investor.
“Kami sangat senang menyambut Hana Bank sebagai salah satu dari mitra perbankan untuk distribusi reksa dana kami. Ini merupakan langkah penting bagi komitmen kami untuk menyediakan akses investasi reksa dana yang memberikan kemudahan bagi para nasabah dan calon investor. Dengan menggabungkan keahlian investasi kami serta kemampuan Hana Bank sebagai institusi perbankan yang kokoh dan terpercaya, kami percaya kerja sama ini dapat meluaskan peluang bagi investor di Indonesia,” kata Kemal Fajri Mohsin, Direktur Principal Indonesia.
Tiga reksa dana yang tersedia melalui kerja sama ini memberikan berbagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan dan minat investasi nasabah dan calon investor. Reksa Dana Principal Cash Fund merupakan reksa dana bagi investor dengan profil risiko konservatif, sementara Reksa Dana Indeks Principal Index IDX30 merupakan reksa dana indeks bagi investor dengan profil risiko agresif. Reksa Dana Syariah Principal Islamic ASEAN Equity Syariah (USD) berfokus ke pasar ASEAN dalam denominasi USD yang dirancang bagi investor dengan profil risiko yang agresif.
Mengacu pada laporan Statistik Pasar Modal Indonesia dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Desember 2024, jumlah investor reksa dana di Indonesia telah meningkat sebanyak 51%*. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki minat investasi yang meningkat secara signifikan khususnya pada instrumen reksa dana. Inisiatif ini diharapkan dapat membentuk akses yang lebih luas dan lebih baik bagi nasabah dan calon investor untuk dapat berinvestasi reksa dana.
Nasabah dan calon investor dapat melakukan pembelian (subscription) produk reksa dana Principal Indonesia melalui jaringan kantor Hana Bank (untuk produk IDR dan USD) maupun MyHana Mobile Banking yang dilengkapi dengan fitur Hana AIdvisor untuk membantu nasabah meraih hasil optimal dengan risiko yang dapat disesuaikan dengan profil risiko (untuk produk IDR).
“Dengan visi untuk menjadi mitra seumur hidup bagi masyarakat Indonesia, layanan wealth management kami menjadi salah satu pilar penting dalam mewujudkan visi tersebut. Kami berharap kolaborasi dengan Principal Indonesia melalui distribusi 3 (tiga) produk ini dapat menambah ragam produk kami kepada nasabah serta membantu mereka mengoptimalkan portofolio investasi,” jelas Devi Agustino Haryanto, Wealth Management Product Head Hana Bank.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Principal Indonesia, kunjungi www.principal.co.id. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Hana Bank, kunjungi www.hanabank.co.id.
*CAGR Data Desember 2019 – Desember 2024
Tentang Principal Financial Group®
Principal Financial Group® (Nasdaq: PFG) adalah perusahaan finansial berskala global dengan lebih dari 20.000 karyawan1 yang bersemangat untuk memajukan investasi dan kesejahteraan bagi individu dan korporasi. Kami telah berkecimpung di industri selama 146 tahun, membantu lebih dari 70 juta nasabah di seluruh dunia2 untuk merencanakan, melindungi, berinvestasi dan merencanakan masa pensiun, seraya mendukung komunitas tempat kami melakukan bisnis dan membangun tenaga kerja yang inklusif. Principal® memiliki kebanggaan dengan pencapaian sebagai 2025 World’s Most Ethical Companies 3 dan dikenal sebagai salah satu Best Places to Work in Money Management4.” Pelajari lebih lanjut mengenai Principal dan komitmen kami untuk membangun masa depan yang lebih baik di principal.com.
1 Per 30 Juni 2025
2 Per 30 Juni 2025
3 Ethisphere, 2025
4 Pensions & Investments, 2024
Tentang Principal Indonesia (PT Principal Asset Management)
Principal Indonesia (PT Principal Asset Management --sebelumnya dikenal sebagai PT CIMB-Principal Asset Management), merupakan perusahaan patungan antara Principal Financial Group®, anggota dari FORTUNE 500® dan layanan keuangan global yang terdaftar di Nasdaq, dengan CIMB Group Holdings Berhad, salah satu grup perbankan dunia yang terkemuka di Asia Tenggara. Setelah mengakuisisi PT Niaga Asset Management pada tanggal 12 Desember 2007, Principal Asset Management Berhad yang berkantor pusat di Malaysia telah memiliki jejak di seluruh Indonesia, Thailand dan Singapura. Perusahaan ini melayani lebih dari 30.000 investor di Indonesia dan memiliki dana kelolaan sebesar Rp 3,3 triliun per 30 Desember 2024. Kami menawarkan berbagai solusi untuk membantu masyarakat dan perusahaan dalam membangun, melindungi dan memajukan kesejahteraan finansial mereka dengan pengelolaan dana investor dan keahlian kami dalam mengelola aset. Dengan ide-ide inovatif dan solusi nyata, kami membantu untuk mencapai kemajuan keuangan menuju masa depan keuangan yang lebih aman bagi investor kami dari berbagai tingkat pendapatan dan besaran portofolio.
PT Principal Asset Management telah memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Manajer Investasi berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor: KEP-05/PM/MI/1997 tertanggal 7 Mei 1997. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi www.principal.co.id.
Tentang PT Bank KEB Hana Indonesia
PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) merupakan bank umum yang dimiliki pihak asing asal Korea Selatan pertama yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 2008. Dalam bahasa Korea, Hana berarti "yang pertama". Hana Bank berkomitmen untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial masyarakat Indonesia melalui layanan perbankan yang inovatif dan terpercaya. Nasabah dapat memanfaatkan berbagai layanan digital Hana Bank, termasuk: MyHana Mobile Banking, MyHana Internet Banking, Corporate Banking System, dan LINE Bank by Hana Bank (LINE Bank). Hana Bank memiliki cakupan wilayah yang luas di Indonesia dengan adanya jaringan kantor serta jaringan ATM yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi. PT Bank KEB Hana Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) serta merupakan peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: www.hanabank.co.id.
