Principal Haji Muda FAQ

GENERAL INFORMATION

Haji Muda adalah program kampanye inisiasi BPKH dengan tujuan mendorong pemuda-pemudi muslim di Indonesia untuk berangkat haji di usia muda. Program Principal Haji Muda, yaitu bentuk kolaborasi antara BPKH dan PT Principal Asset Management, bertujuan untuk memberikan solusi bagi pemuda-pemudi muslim Indonesia yang ingin mendaftar haji, dalam bentuk program investasi berkala untuk mengumpulkan uang setoran awal haji (saat ini berjumlah 25 juta rupiah) dengan cara melakukan kontribusi bulanan ke produk investasi reksa dana syariah.
Principal Haji Muda adalah sebuah program yang didukung oleh platform teknologi finansial berupa mobile application dan secara khusus dirancang menggunakan Robo-advisor Principal untuk dapat membantu calon jamaah haji mengumpulkan biaya setoran awal haji dalam jangka waktu yang telah ditentukan, mulai dari 5 tahun. Dengan melakukan setoran investasi rutin setiap bulannya, nasabah berpotensi untuk mendapatkan imbal hasil yang tumbuh di atas laju inflasi (tergantung kondisi pasar). Maka dari itu, jika kondisi pasar mendukung, tidak menutup kemungkinan nasabah juga dapat mencapai target investasi lebih cepat dari perkiraan awal.

Principal Haji Muda membantu kamu untuk melakukan pegumpulan biaya setoran awal haji sebesar 25 juta rupiah dengan cara menginvestasikan setoran bulananmu ke dalam 2 produk reksa dana Syariah Principal yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Produk-produk tersebut adalah Reksa Dana Syariah Principal Income Fund Syariah dan Reksa Dana Syariah Cash Fund Syariah 2. 


Kontribusi bulanan yang diberikan oleh nasabah akan dialokasikan ke dalam 2 produk reksa dana Syariah tersebut dengan menggunakan skema target risk. Dalam artian, semakin nasabah mendekati tenor investasinya, akan semakin rendah risiko yang mungkin dihadapi oleh nasabah. Kamu dapat membuka Aplikasi Principal ID dan menggunakan fitur simulasi investasi untuk mengetahui jumlah setoran investasi yang dibutuhkan setiap bulannya secara lebih rinci.
 

Jangka waktu untuk mencapai tujuan investasi kamu bergantung pada banyak faktor, terutama kondisi pasar. Apabila kondisi pasar baik, kamu akan mencapai tujuan investasimu lebih cepat. Apabila kondisi pasar sedang menurun, pencapaian tujuan investasimu berpotensi mengalami keterlambatan.

Principal Haji Muda adalah skema investasi rutin bulanan melalui produk reksa dana Syariah. Dikarenakan produk yang digunakan adalah produk pasar modal, maka ada risiko terhadap investasi tersebut. Namun, Program Principal Haji Muda telah didesain sedemikian rupa sehingga kemungkinan adanya risiko pada nasabah diharapkan dapat berkurang seiring dengan tercapainya tujuan investasi kamu. Calon nasabah Program Principal Haji Muda harus mengisi kuesioner profil risiko untuk menentukan apakah kamu cocok mengikuti program ini sesuai dengan profil risiko kamu.

Apabila kamu mencapai tujuan investasi lebih cepat dari periode yang dipilih, kamu dapat mencairkan dana investasimu dan partner bank Syariah kamu dapat membantu kamu untuk mendaftar haji ke Kementerian Agama.

Pada saat kondisi pasar sedang menurun, imbal hasil yang kamu dapatkan berpotensi menjadi lebih rendah dibandingkan dengan ekspektasi awal. Dengan kata lain, kamu akan berkemungkinan untuk mencapai tujuan investasimu lebih lama daripada target yang ingin dicapai.

Kamu dapat melakukan top-up (menambah investasi) untuk mencapai tujuan investasimu, kemudian mendaftar untuk haji atau kamu dapat menunggu hingga kondisi pasar membaik dan tujuan investasimu tercapai.

 

Program Principal Haji Muda adalah program investasi dengan tujuan mengumpulkan biaya setoran awal pendaftaran biaya ibadah haji. Setelah target investasi tercapai, nasabah dapat melakukan penarikan dana dan mendaftar haji ke Kementrian Agama. Antrian haji didapatkan dari Kementrian Agama sesuai prosedur yang berlaku.
Principal Haji Muda adalah program kolaborasi antara BPKH dan PT Principal Asset Management melalui program investasi rutin di produk reksa dana Syariah. BPKH adalah Lembaga pemerintah yang diberikan mandat untuk mengelola dana haji, sedangkan Principal adalah perusahaan manajer investasi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

 

Nilai investasi awal/jumlah minimum investasi rutin bulanan tergantung pada jangka waktu investasi yang dipilih oleh calon nasabah. Selain itu, jumlah setoran bulananmu juga ditentukan berdasarkan perhitungan Robo-advisor Principal, dengan mempertimbangkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan performa dari produk terkait pada hari di saat kamu melakukan subscription atau pembayaran pertama. Kamu dapat membuka Aplikasi Principal ID dan menggunakan fitur simulasi investasi untuk mengetahui jumlah yang lebih detail. 
Kamu bisa melanjutkan kontribusi untuk bulan-bulan selanjutnya dengan nominal yang sama. Periode program akan diperpanjang secara otomatis sesuai dengan jumlah bulan yang terlewatkan. 
Kamu dapat mengakses informasi tersebut di website www.principal.co.id atau melalui blog kami di https://blog.principal.co.id 

MEMBUKA AKUN

Semua Warga Negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun dan sudah memiliki eKTP dapat membuka akun Principal Haji Muda 
Informasi mengenai biaya dapat diakses dalam prospektus reksa dana. 
Program Principal Haji Muda ini tersedia melalui Aplikasi Principal ID yang dapat kamu unduh melalui App Store dan Play Store. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mendaftar, mendapatkan simulasi, berkontribusi dalam investasi bulanan, dan memantau kinerja investasimu. 
Aplikasi kami akan memandu kamu melalui proses yang telah kami rancang dengan sederhana agar dapat memberikan kenyamanan untuk kamu. 
Karena program ini merupakan produk pasar modal yang diawasi dan mengikuti peraturan dari OJK, calon nasabah perlu mengisi kuesioner risiko di dalam aplikasi saat melakukan registrasi. Kuisioner profil risiko bertujuan untuk menentukan apakah program ini cocok untuk kamu setelah kamu mempertimbangkan, antara lain, keadaan keuangan dan kecenderungan risiko kamu. 
Jika kamu tetap tertarik dengan program Principal Haji Muda, kamu tetap dapat melanjutkan pendaftaranmu dengan klik tombol “Setuju & Lanjutkan” sebagai tanda persetujuan terhadap risiko yang kamu miliki. 

Tidak. Untuk mendaftar program Principal Haji Muda, calon nasabah harus berusia di atas 18 tahun dengan e-KTP Indonesia yang masih aktif. 

Pembukaan akun Principal Haji Muda dilakukan secara online melalui Aplikasi Principal ID, sehingga kamu bisa mengisi semua informasi yang diperlukan dalam waktu yang singkat. Proses verifikasi data kamu akan memakan waktu kurang lebih 1 (satu) hari kerja. Jika kamu membuka akun di luar hari kerja (Hari Sabtu, Minggu, hari libur), maka akan diproses di hari kerja berikutnya. 

PEMBAYARAN

Setiap bulannya, kontribusi bulanan dapat dilakukan melalui metode pembayaran yang telah tersedia di Aplikasi Principal ID. 

Setoran investasi yang telah kamu berikan akan diproses di hari kerja yang sama apabila transaksi investasimu telah diterima oleh Principal sebelum pukul 13.00 WIB. Apabila transaksi investasimu dilakukan dan diterima oleh Principal setelah pukul 13.00 WIB, maka transaksimu akan diproses di hari kerja berikutnya. 

Keterlambatan pembayaran akan berpotensi untuk berdampak pada kinerja investasimu. Maka dari itu, kami sarankan agar tidak terlambat melakukan pembayaran. 

LAINNYA

Kami mengerti bahwa keadaan dapat berubah-ubah bagi setiap orang. Jika kamu ingin membatalkan program ini, kamu dapat menghubungi Customer Service kami untuk memproses pembatalan. 

Kamu bisa mengajukan untuk melakukan penarikan kembali seluruh investasimu di program Principal Haji Muda. 

Kamu dapat mengirimkan email kepada kami di customer.services@principal.co.id . 

Selama pandemi berlangsung, kamu dapat menghubungi kami via email. 

Untuk bantuan melalui telepon, kamu dapat menghubungi Customer Care Center kami di 021- 5088 9988. 
Jam operasional Customer Care kami adalah: 
-    Senin – Jumat: 8.45 pagi – 5.45 sore 
-    Tutup di Sabtu, Minggu dan hari Libur