4 tanda bahwa Anda siap berinvestasi

Jika Anda mengklik artikel ini, kemungkinan Anda sudah siap menyisihkan sebagian uang Anda untuk tujuan keuangan di masa depan. Haruskah investasi menjadi bagian dari kehidupan Anda? Bagaimana cara mengetahui bahwa Anda telah siap untuk berinvestasi? Inilah tanda-tanda yang dapat membantu Anda mengetahuinya. 

  1. Dana darurat yang telah dipersiapkan dengan baik 
    Musibah bisa datang kapan saja. Sangat disarankan untuk memiliki dana darurat setidaknya berjumlah tiga bulan biaya hidup agar dapat memberikan Anda stabilitas yang diperlukan sebelum berinvestasi. Dana darurat Anda akan menjadi penyelamat ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga Anda tidak perlu menggunakan dana investasi yang telah dipersiapkan untuk tujuan lain. 
     
  2. Uang tambahan setiap bulannya 
    Dana darurat Anda terlihat cukup bagus. Anda sudah membayar semua tagihan dan utang dengan bunga besar. Anda sudah mencukupi kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran lainnya. Masih ada dana yang tersisa? Tidak harus banyak. Investasi adalah tentang mulai dari kecil dan tumbuh seiring waktu. Kuncinya adalah rajin sehingga uang yang diinvestasikan dapat bekerja untuk Anda. 
     
  3. Tujuan jangka Panjang 
    Jika tahu ke mana arah tujuan Investasi anda, maka perjalanan investasi anda akan menjadi lebih baik. Di sinilah peran dari tujuan jangka panjang. Tujuan memberikan Anda arah dan fokus terhadap investasi Anda. Mungkin saja tujuan Anda adalah pensiun dengan nyaman. Bisa saja menyekolahkan anak-anak Anda di perguruan tinggi yang bagus. Usahakan lebih rinci dan realistis mengenai apa yang ingin Anda capai. 
     
  4. Akses terhadap rencana pensiun
    Jika Anda telah memiliki rencana pensiun, maka anda telah mengambil langkah besar dalam investasi. Rencana pensiun bertujuan untuk membantu individu mengumpulkan tabungan untuk pensiun, di luar tabungan pensiun wajib. Singkatnya, semakin banyak tabungan yang Anda sisihkan, semakin memadai pensiunan Anda nantinya.